tutorial MEMBUAT ANIMASI SIKLUS HIDUP KUPU-KUPU

A. Menyiapkan File Baru
• Buat File baru dengan setting properties sebagai berikut.
dimension 400 x 400

• Kemudian buat empat layer pada Timeline masing-masing dengan nama, kupu-kupu, telur, ulat dan kepompong.

B. Membuat Gambar
• Pada frame 1 layer kupu-kupu beri gambar kupu-kupu (Anda dapat mengimpor atau membuat gambar sendiri).

• Pada frame 1 layer telur beri gambar telur.

• Pada frame 1 layer ulat beri gambar ulat.

• Serta pada frame 1 layer kepompong beri gambar kepompong.

Kemudian atur agar posisi gambar sebagai berikut.

• Buat layer baru di antara layer kupu-kupu dan layer telur, beri nama panah1. Pada frame 1 nya beri gambar panah seperti berikut.

• Buat layer baru lagi di antara layer telur dan layer ulat, beri nama panah2. Pada frame 1 nya beri gambar panah seperti berikut.

• Buat layer baru lagi di antara layer ulat dan layer kepompong, beri nama panah3. Pada frame 1 nya beri gambar panah seperti berikut.
• Buat layer baru lagi di atas layer kepompong, beri nama panah4. Pada frame 1 nya beri gambar panah seperti berikut.

• Kemudian atur agar semua gambar posisisnya sebagai berikut.

• Pastikan posisi urutan layer seperti pada gambar.


C. Mengatur Gerakan Animasi

• Geser frame 1 pada layer kupu-kupu ke frame 5.
• Geser frame 1 pada layer panah1 ke frame 10, dan pada frame 20 lakukan insert keyframe.

• Kemudian buat layer baru di atas layer panah1, beri nama penutup1.

• Pada frame 10 insert blank keyframe.

• Klik mouse pada frame 10 layer penutup1, dengan menggunakan rectangle tool ( ), buat sebuah kotak di stage dengan ukuran menutupi gambar panah1. Warna terserah Anda.

• Klik mouse dua kali pada gambar kotak, kemudian pilih Modify > Convert to symbol.
• Pada jendela dialog yang muncul, atur sebagai berikut.

• Pilih OK.
• Klik mouse pada frame 20 layer penutup1, insert keyframe.
• Klik mouse di frame 10 pada layer penutup1.
• Pilih Free Transform Tool ( ), Klik mouse pada gambar kotak, geser lingkaran putih kecil yang di tengah gambar ke pojok kiri bawah gambar.

• Atur besarnya gambar kotak seperti pada gambar berikut.

• Klik mouse pada frame 20 layer penutup1.
• Pilih Free Transform Tool ( ), Klik mouse pada gambar kotak, geser lingkaran putih kecil yang di tengah gambar ke pojok kiri bawah gambar.
• Klik mouse pada frame 10 layer penutup1, tekan tombol shift, klik mouse pada frame 20 layer penutup1, lepas tombol shift.

• Pilih Insert > Timeline > Create Motion Tween.
• Klik kanan mouse pada kotak kecil di layer penutup1, pilih Mask.

Maka posisi pada layer akan berubah seperti berikut.

Apabila animasi dijalankan, maka panah1 akan muncul secara perlahan.

Setelah animasi panah1 berhasil, selanjutnya menganimasikan munculnya gambar telur secara dissolve.
• Geser frame 1 pada layer telur ke frame 21. Kemudian Klik mouse pada gambar telur, pilih Modify > Convert to Symbol (atau tekan tombol F8). Pada jendela dialog yang muncul atur sebagai berikut.

• Pilih OK.
• Klik kanan mouse di frame 25 pada layer telur, pilih insert keyframe.

• Klik mouse di frame 21 pada layer telur.
• Klik pada gambar telur di stage. Pada jendela properties pilih color pada posisi Alpha dengan 0%.

• Klik mouse di frame 21 pada layer telur, tekan tombol shift, klik mouse di frame 25 pada layer telur, lepas tombol shift.
• Pilih Insert > Timeline > Create Motion Tween.

Apabila animasi dijalankan, maka akan muncul gambar kupu-kupu, garis panah, dan gambar telur secara disslove.
Selanjutnya Anda dapat menganimasikan panah2.
• Geser frame 1 pada layer panah2 ke frame 26, dan pada frame 36 lakukan insert keyframe.
• Kemudian buat layer baru di atas layer panah2, beri nama penutup2.
• Pada frame 26 insert blank keyframe.

• Dari jendela Library, pilih tutup1, klik dan geser hingga menutupi gambar panah2 pada stage.

• Klik mouse di frame 35 pada layer penutup2, Klik kanan mouse > Insert Keyframe.
• Klik mouse di frame 26 pada layer penutup2.

• Pilih Free Transform Tool ( ), Klik mouse pada gambar kotak, geser lingkaran putih kecil yang di tengah gambar ke pojok kiri atas gambar.

• Atur besarnya gambar kotak seperti pada gambar berikut.

• Klik mouse di frame 35 pada layer penutup2.
• Pilih Free Transform Tool ( ), Klik mouse pada gambar kotak, geser lingkaran putih kecil yang di tengah gambar ke pojok kiri atas gambar.
• Klik mouse di frame 26 layer penutup2, tekan tombol shift, klik mouse pada frame 35 layer penutup2, lepas tombol shift.
• Pilih Insert > Timeline > Create Motion Tween.

Animasi panah2 sudah selesai, selanjutnya membuat animasi munculnya ulat.
• Geser frame 1 pada layer ulat ke frame 36. Kemudian Klik mouse pada gambar ulat, pilih Modify > Convert to Symbol (atau tekan tombol F8). Pada jendela dialog yang muncul atur sebagai berikut.

• Pilih OK.
• Klik kanan mouse di frame 40 pada layer ulat, pilih insert keyframe.

• Klik mouse di frame 36 pada layer ulat.
• Klik pada gambar ulat di stage. Pada jendela properties pilih color pada posisi Alpha dengan 0%.

Klik mouse di frame 36 pada layer ulat, tekan tombol shift, klik mouse di frame 40 pada layer ulat , lepas tombol shift.
• Pilih Insert > Timeline > Create Motion Tween.

Selanjutnya Anda dapat menganimasikan panah3.
• Geser frame 1 pada layer panah3 ke frame 41, dan pada frame 50 lakukan insert keyframe.
• Kemudian buat layer baru di atas layer panah3, beri nama penutup3.
• Pada frame 41 insert blank keyframe.

• Dari jendela Library, pilih tutup1, klik dan geser hingga menutupi gambar panah3 pada stage.

• Klik mouse di frame 50 pada layer penutup3, Klik kanan mouse > Insert Keyframe.
• Klik mouse di frame 41 pada layer penutup3.
• Pilih Free Transform Tool ( ), Klik mouse pada gambar kotak, geser lingkaran putih kecil yang di tengah gambar ke pojok kanan atas gambar.

• Atur besarnya gambar kotak seperti pada gambar berikut.

• Klik mouse di frame 50 pada layer penutup3.
• Pilih Free Transform Tool ( ), Klik mouse pada gambar kotak, geser lingkaran putih kecil yang di tengah gambar ke pojok kanan atas gambar.
• Klik mouse di frame 41 layer penutup3, tekan tombol shift, klik mouse pada frame 50 layer penutup3, lepas tombol shift.
• Pilih Insert > Timeline > Create Motion Tween.

Animasi panah3 sudah selesai, selanjutnya membuat animasi munculnya kepompong.
• Geser frame 1 pada kepompong ulat ke frame 51. Kemudian Klik mouse pada gambar kepompong, pilih Modify > Convert to Symbol (atau tekan tombol F8). Pada jendela dialog yang muncul atur sebagai berikut.

• Pilih OK.

• Klik kanan mouse di frame 55 pada layer kepompong, pilih insert keyframe.

• Klik mouse di frame 51 pada layer kepompong.
• Klik pada gambar kepompong di stage. Pada jendela properties pilih color pada posisi Alpha dengan 0%.

Klik mouse di frame 51 pada layer kepompong, tekan tombol shift, klik mouse di frame 55 pada layer kepompong, lepas tombol shift.
• Pilih Insert > Timeline > Create Motion Tween.

Terakhir menganimasikan panah4.
• Geser frame 1 pada layer panah4 ke frame 56, dan pada frame 65 lakukan insert keyframe.
• Kemudian buat layer baru di atas layer panah4, beri nama penutup4.
• Pada frame 56 insert blank keyframe.

• Dari jendela Library, pilih tutup1, klik dan geser hingga menutupi gambar panah4 pada stage.

• Klik mouse di frame 65 pada layer penutup4, Klik kanan mouse > Insert Keyframe.
• Klik mouse di frame 56 pada layer penutup4.
• Pilih Free Transform Tool ( ), Klik mouse pada gambar kotak, geser lingkaran putih kecil yang di tengah gambar ke pojok kanan bawah gambar.

• Atur besarnya gambar kotak seperti pada gambar berikut.

• Klik mouse di frame 65 pada layer penutup4.
• Pilih Free Transform Tool ( ), Klik mouse pada gambar kotak, geser lingkaran putih kecil yang di tengah gambar ke pojok kanan bawah gambar.
• Klik mouse di frame 56 layer penutup4, tekan tombol shift, klik mouse pada frame 65 layer penutup4, lepas tombol shift.
• Pilih Insert > Timeline > Create Motion Tween.

• Selanjutnya, Klik mouse di frame 70 pada layer kupu-kupu, tekan tombol shift, tahan, klik mouse frame 70 pada layer penutup4. Klik kanan mouse pilih Insert Frame.

Maka pada layar monitor akan menjadi seperti gambar berikut.

• Coba jalankan animasi dengan menekan tombol Ctrl dan Enter secara bersamaan.
• Simpan file dengan nama Kupu-kupu.
Selesai sudah animasi siklus hidup kupu-kupu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s