Cara membuat website sederhana

Cara membuat website

Langkah sederhana untuk membuat web sendiri

Onno W. Purbo

Walaupun pengalaman saya pribadi mengatakan bahwa web bukanlah sarana paling baik untuk menyampaikan informasi, dalam berbagai kesempatan seminar banyak sekali orang yang sering kali menanyakan ke saya bagaimana cara membuat web pribadi. Baiklah pada kesempatan ini saya mencoba menjelaskan trik & tip sederhana untuk membuat web pribadi tersebut.

Sebelum menjelaskan tentang proses pembuatan web sederhana ini, saya hanya ingin menyampaikan pengalaman saya menunjukan bahwa cara yang paling baik / ampuh untuk menyebarkan informasi pada saat ini adalah melalui media cetak & media elektronik (terutama televisi). Effek yang di timbulkan dari penyebaran informasi melalui melalui media cetak & televisi masih jauh lebih ampuh di bandingkan media internet karena pembaca / pemirsa televisi & media cetak tersebut jumlahnya masih jauh lebih besar daripada media internet yang hanya 1.5 juta orang di Indonesia. Tentunya jika anda mampu memadukan antara media Internet dengan media elektronik & cetak menjadi satu paduan yang harmonis maka dampaknya akan sangat luar biasa.

Beberapa langkah sederhana dalam membangun web sendiri ini antara lain adalah:

• Buat rencana (blueprint) – seperti hal-nya pada saat anda membangun sesuatu, rencana harus dibuat. Bagian-bagian apa saja yang akan dibangun di situs anda.
• Indentifikasi content dari situs – dalam segala hal hampir pasti akan ada content-nya. Pertanyaanya adalah content mana yang paling cocok.
• Mengerti copyright (hak cipta) – yakinkan bahwa material / bahan yang digunakan untuk membangun situs anda tidak ada yang melanggar hak cipta. Jangan sampai mengambil bahan-bahan tersebut tanpa ijin; kecuali memang sifatnya public domain.
• Cari pertolongan – jika pada saat anda bekerja ternyata memperoleh kesulitan, jangan malu-malu untuk mencari pertolongan ke orang yang profesional.
• HTML – Hyper Text Markup Language yang saat ini merupakan tulang punggung Web di Internet jika perlu anda bisa mempelajari lebih lanjut tentang HTML. Tapi dengan adanya banyak editor HTML (contohnya Microsoft Frontpage) maka sebetulnya dengan pengetahuan yang sangat minim tentang HTML maka kita sudah bisa membuat sendiri situs Web itu.
• Rancang untuk audience anda – pada akhirnya pemirsa situs yang akan menjadi penentu, situs harus dirancang / di sesuaikan untuk pemirsa yang kita tuju. Tentunya akan lebih baik lagi jika anda bisa melakukannya secara paralel dengan aktifitas diskusi interaktif di mailing list di Internet. Seperti semua kompetisi maka hanya pemimpin yang akan menang & menarik audience anda.
• Bekerja dengan grafik – besar belum tentu baik untuk situs web anda. Sering kali justru grafik yang besar akan menghambat kerja web anda.
• Tip disain web – dua hal yang perlu diperhatikan baik-baik yaitu tampilan dan kecepatan me-load halaman Web. Fokuskan supaya effisien & menarik pengunjung.
• Advanced web tools – CGI scripts, shockwave & java merupakan perangkat yang lebih canggih untuk menambah tingkat interaktifitas situs anda di Internet. Tentunya membutuhkan kemampuan programming yang lumayan untuk menggunakan tool tersebut.
• Mencari rumah untuk situs anda – banyak sekali pilihan tempat anda bisa meletakan situs anda dari yang gratisan seperti geocities.com sampai yang mahal. Dari yang di letakan di server di tempat anda sendiri sampai menyewa di server farm di Internet. Semua di sesuaikan dengan maksud & tujuan maupun kantong anda.
• Publikasikan situs anda – kenalkan situs anda ke Internet tidak hanya sekedar mempunyai URL (alamat Web saja). Anda harus berusaha mati-matian di berbagai kesempatan, iklan di koran, aktif di mailing list, melakukan aliansi-aliansi strategis untuk memperkenalkan situs anda. Beberapa situs bahkan lebih ekstrim lagi, yaitu dengan memberikan uang dalam bentuk beenz ke pengunjungnya. Hanya dengan keaktifan demikian maka anda akan menarik penggunjung ke situs anda.
• Pelihara & update – agar sukses maka kita harus bisa menjaga agar informasi yang ada di situs tersebut selalu yang terbaru.
• Membuka masukan – interaksi dengan masyarakat internet akan membuka banyak sekali kesempatan maupun tantangan yang sulit. Mekanisme feedback ini harus dilakukan untuk kebaikan kita semua.
• Ukur traffik – mengukur merupakan pekerjaan yang harus dilakukan untuk menjustifikasi seberapa jauh informasi yang kita tayangkan di situs kita bermanfaat bagi orang banyak.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s